Penipuan Lewat E-mail adalah E-mail yang bertujuan menipu untuk mendapatkan informasi rahasia (kata sandi, Token, dsb) dengan mengatasnamakan situs / lembaga terpercaya (resmi).
Sebagai contoh, Anda mendapatkan email penipuan yang mengatasnamakan Bank Mayapada yang menginformasikan untuk pembaharuan akun internet banking Bank Mayapada Anda (Upgrade Your Account), Anda lalu di arahkan untuk mengklik tautan (link) yang mengarahkan untuk membuka halaman palsu tersebut.
Di Halaman Palsu, perhatikan url / alamat website yang tidak sesuai dengan milik bank resmi. Lalu Anda akan diminta mengisi BANYAK DATA yang sifatnya pribadi / rahasia.
Waspadalah saat Anda berada di halaman yang mencurigakan :
Di Halaman Asli, URL / alamat website yang benar adalah alamat resmi milik Bank Mayapada & hanya meminta User ID dan Password My Online untuk di isi.
Pastikan Anda selalu mengakses website dan e-banking dengan mengetik sendiri alamat www.bankmayapada.com atau www.myonline.id, bukan melalui link dari email yang tidak dikenal.
Jika Anda menerima email penipuan, segera laporkan ke My Call di 1500029 atau hubungi kantor Bank Mayapada terdekat.
Malware atau Malicious Software (perangkat perusak) adalah software yang dibuat untuk tujuan jahat, khususnya untuk merusak atau mengganggu sebuah sistem.
Malware merupakan salah satu metode penipuan saat Anda melakukan transaksi elektronik banking dan dapat mencuri data pribadi Anda. Beberapa contoh adalah :
Jika Anda menemukan hal yang tidak biasa pada saat bertransaksi internet banking, STOP JANGAN LANJUTKAN! Karena data Pribadi Anda seperti User ID, PIN, Nomor Rekening, Token, dll dapat dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab.
Beberapa tips pengamanan dalam bertransaksi internet banking adalah sebagai berikut:
Pastikan Anda mengunduh My Mobile melalui situs resmi yang telah disediakan Bank Mayapada, dengan mengakses ke BlackBerry App World / Google Play Store (Android Market )/ iPhone App Store (disesuaikan dengan jenis smartphone nasabah), lalu ketik keyword “MAYAPADA” pilih “My Mobile Mayapada” dan unduh.
Pilih jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya serta tidak disarankan menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui My Mobile Anda, sebab kepastian keamanan akses Wi-Fi publik / jaringan publik tidak terjamin.
Pilih jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya serta tidak disarankan menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui My Mobile Anda, sebab kepastian keamanan akses Wi-Fi publik / jaringan publik tidak terjamin.
Untuk transaksi menggunakan My Mobile:
Mengganti Kode Akses, PIN My Mobile, PIN My Online, secara berkala dengan kombinasi angka / huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain
Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank / petugas Bank Mayapada melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk Kode Akses, PIN My Mobile, PIN Internet Banking. Karena petugas Bank Mayapada tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
Apabila Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi / sertifikat / layanan tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan akses My Mobile dan menginformasikan ke layanan My Call pada nomor 1500029.
Saat menggunakan ATM
Simpan kartu dan bukti transaksi