Penipuan Lewat E-mail adalah E-mail yang bertujuan menipu untuk mendapatkan informasi rahasia (kata sandi, Token, dsb) dengan mengatasnamakan situs / lembaga terpercaya (resmi).
Sebagai contoh, Anda mendapatkan email penipuan yang mengatasnamakan Bank Mayapada yang menginformasikan untuk pembaharuan akun internet banking Bank Mayapada Anda (Upgrade Your Account), Anda lalu di arahkan untuk mengklik tautan (link) yang mengarahkan untuk membuka halaman palsu tersebut.
Di Halaman Palsu, perhatikan url / alamat website yang tidak sesuai dengan milik bank resmi. Lalu Anda akan diminta mengisi BANYAK DATA yang sifatnya pribadi / rahasia.
Waspadalah saat Anda berada di halaman yang mencurigakan :
Di Halaman Asli, URL / alamat website yang benar adalah alamat resmi milik Bank Mayapada & hanya meminta User ID dan Password My Online untuk di isi.
Pastikan Anda selalu mengakses website dan e-banking dengan mengetik sendiri alamat www.bankmayapada.com atau www.myonline.id, bukan melalui link dari email yang tidak dikenal.
Jika Anda menerima email penipuan, segera laporkan ke My Call di 1500029 atau hubungi kantor Bank Mayapada terdekat.
Malware atau Malicious Software (perangkat perusak) adalah software yang dibuat untuk tujuan jahat, khususnya untuk merusak atau mengganggu sebuah sistem.
Malware merupakan salah satu metode penipuan saat Anda melakukan transaksi elektronik banking dan dapat mencuri data pribadi Anda. Beberapa contoh adalah :
Jika Anda menemukan hal yang tidak biasa pada saat bertransaksi internet banking, STOP JANGAN LANJUTKAN! Karena data Pribadi Anda seperti User ID, PIN, Nomor Rekening, Token, dll dapat dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab.
Beberapa tips pengamanan dalam bertransaksi internet banking adalah sebagai berikut:
Pastikan Anda mengunduh My Mobile melalui situs resmi yang telah disediakan Bank Mayapada, dengan mengakses ke BlackBerry App World / Google Play Store (Android Market )/ iPhone App Store (disesuaikan dengan jenis smartphone nasabah), lalu ketik keyword “MAYAPADA” pilih “My Mobile Mayapada” dan unduh.
Pilih jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya serta tidak disarankan menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui My Mobile Anda, sebab kepastian keamanan akses Wi-Fi publik / jaringan publik tidak terjamin.
Pilih jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya serta tidak disarankan menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui My Mobile Anda, sebab kepastian keamanan akses Wi-Fi publik / jaringan publik tidak terjamin.
Untuk transaksi menggunakan My Mobile:
Mengganti Kode Akses, PIN My Mobile, PIN My Online, secara berkala dengan kombinasi angka / huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain
Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank / petugas Bank Mayapada melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk Kode Akses, PIN My Mobile, PIN Internet Banking. Karena petugas Bank Mayapada tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
Apabila Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi / sertifikat / layanan tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan akses My Mobile dan menginformasikan ke layanan My Call pada nomor 1500029.
Saat menggunakan ATM
Simpan kartu dan bukti transaksi
PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk (selanjutnya disebut "Bank Mayapada") sepenuhnya menyadari bahwa Data Pribadi merupakan aset terpenting bagi Anda, sehingga Bank Mayapada berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan pelindungan terhadap Data Pribadi Anda, terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan yang ditawarkan oleh Bank Mayapada.
Bank Mayapada berupaya menerapkan kebijakan dan praktik terbaik untuk menjaga dan memelihara privasi serta keamanan Data Pribadi Anda sesuai dengan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi, dalam pemrosesan data terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank Mayapada (disebut "Kebijakan Privasi").
Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua pemilik Data Pribadi (Subjek Data Pribadi) yang terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan yang ditawarkan oleh Bank Mayapada.
Kebijakan Privasi ini mengatur tentang kebijakan yang diterapkan oleh Bank Mayapada sebagai Pengendali Data Pribadi dalam memperoleh, menyimpan memperbaiki/ memperbarui, memproses, dan menghapus (selanjutnya disebut "Pemrosesan") Data Pribadi Anda, terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan, yaitu:
Seluruh layanan selanjutnya disebut sebagai "Layanan".
Sebagai Subjek Data Pribadi, Anda berhak untuk:
Bank Mayapada memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi secara langsung maupun tidak langsung melaui media elektronik maupun non-elektronik.
Data pribadi yang dikumpulkan dan diproses oleh Bank Mayapada dapat diberikan oleh Anda secara langsung, maupun dari pihak ketiga (misalnya ketika Anda mendaftar atau menggunakan layanan perbankan, dan Bank Mayapada membutuhkan data untuk keperluan Know Your Customer (KYC) dan pencegahan penipuan (Fraud Dectection System)). Bank Mayapada akan mengumpulkan Data Pribadi dalam berbagai bentuk sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
Data pribadi yang kami kumpulkan dan proses, antara lain:
Bank Mayapada berkomitmen untuk menyimpan Data Pribadi Anda dengan perlindungan terbaik selama diperlukan untuk menyediakan layanan perbankan. Sebagian Data Pribadi Anda dapat pula dikelola, diproses, dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bank Mayapada untuk memastikan Bank Mayapada dapat menyediakan layanan perbankan pada Anda dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektivitas sesuai regulasi dan peraturan perundang-undangan.
Bank Mayapada akan menyimpan dan memproses Data Pribadi Anda sepanjang dibutuhkan sesuai dengan tujuan pengumpulan dan pemrosesan Data Pribadi, dengan tetap tunduk pada regulasi dan peraturan perundang-undangan.
Dalam hal Data Pribadi Anda tidak lagi diperlukan oleh Bank Mayapada untuk tujuan bisnis dan hukum termasuk telah melewati masa retensi, maka Bank Mayapada akan mengambil Langkah-langkah yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan untuk berhenti menyimpan Data Pribadi tersebut.
Bank Mayapada tidak akan menjual, menukar, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, menyebarluaskan, dan/atau mengungkapkan Data Pribadi dan informasi apapun yang berkaitan dengan nasabah, pengunjung, atau pengguna Layanan Bank.
Subjek Data Pribadi bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan rincian Data Pribadinya dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang digunakan untuk mengakses Layanan Bank Mayapada.
Nasabah, dengan ini mengakui dan jika diwajibkan oleh peraturan Pelindungan Data Pribadi yang berlaku, secara tegas menyetujui bahwa Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan oleh Bank Mayapada bersama dengan informasi terkait transaksi yang relevan, dapat diungkapkan kepada lembaga pemerintah yang berwenang maupun pihak lain yang berwenang berdasarkan undang-undang atau perjanjian kerja sama, dalam hal:
Pengungkapan ini dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek pengamanannya sehingga memastikan dalam proses pengungkapan tidak ada data-data yang disalahgunakan.
Apabila Anda menemukan kekeliruan dalam Data Pribadi yang disebabkan oleh ketidakakuratan atau diperlukan pembaruan atas Data Pribadi, maka Anda dapat meminta kepada Bank Mayapada untuk memperbaiki, melengkapi dan/atau memperbarui Data Pribadinya yang berada dalam pengelolaan Bank, dengan menghubungi saluran komunikasi yang ditetapkan oleh Bank.
Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian Data Pribadi Anda, Bank Mayapada berhak menghentikan layanan dan/atau transaksi berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan Bank Mayapada.
Bank Mayapada menghimbau Anda untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan Data Pribadi Anda.
Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik Bank Mayapada atau atas permintaan / permohonan Anda, Bank Mayapada dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dari sistem agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal:
Perihal keperluan pemusnahan Data Pribadi Anda dari sistem (right to erase), diperlukan permohonan tertulis yang diajukan kepada Bank agar Data Pribadi tersebut dapat dimusnahkan dari sistem milik Bank Mayapada.
Kebijakan privasi ini dapat diubah dan/atau diperbarui dari waktu ke waktu. Bank Mayapada menyarankan kepada Anda untuk selalu membaca secara seksama dan memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan kebijakan privasi.
Anda dapat menarik persetujuan Anda terhadap setiap atau seluruh pengumpulan, penggunaan, penggungkapan Data Pribadi Anda pada setiap waktu dengan memberikan pemberitahuan tertulis yang beralasan.
Bergantung pada keadaan dan sifat dari persetujuan yang Anda tarik, Anda harus memahami dan mengakui bahwa Bank Mayapada berwenang untuk memenuhi atau tidak memenuhi permintaan penarikan persetujuan tersebut sesuai ketentuan regulasi dan perundang-undangan.
Penarikan persetujuan Anda dapat berakibat pada pembatasan atau penghentian layanan perbankan atau hubungan kontraktual dengan Bank Mayapada yang terkait, dimana semua hak dan kewajiban yang dimiliki masing-masing pihak tetap harus dipenuhi setelah penarikan persetujuan tersebut.
Kerahasiaan Data Pribadi Anda adalah prioritas bagi Bank Mayapada. Bank Mayapada berkomitmen untuk memberlakukan upaya terbaik dalam rangka melindungi dan mengamankan Data Pribadi dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Data Pribadi yang berada di luar kendali Bank Mayapada, Bank Mayapada akan dengan segera memberitahukan kepada Anda pada kesempatan pertama sehingga dapat mengurangi risiko yang timbul atas kejadian tersebut.
Anda bertanggung jawab dalam menjaga kerahasiaan informasi Data Pribadi Anda, termasuk menjaga username, password, email maupun OTP dari siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang digunakan.
Anda dapat memilih untuk tidak menerima Layanan pemasaran, pengiklanan, atau aktivitas lainnya yang terkait dengan pengolahan Data Pribadi, dengan menghubungi Bank Mayapada melalui saluran komunikasi yang ditetapkan Bank Mayapada, atau melalui mekanisme lain yang disiapkan oleh masing-masing Layanan Bank Mayapada.
Apabila Anda memilih untuk tidak menerima satu Layanan, Bank Mayapada masih berhak untuk mengirim pesan terkait Layanan Bank Mayapada lainnya.
Jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan terkait Pemberitahuan Privasi ini atau jika Anda ingin mengakses dan/atau memperbaiki informasi pribadi Anda, silahkan hubungi Layanan pelanggan Bank Mayapada melalui myCALL 1-5000-29.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.